Selasa, 08 Mei 2012

Kerbau Termahal Di Dunia

     Tedong Bonga merupakan kerbau yang sangat memegang peranan penting dalam acara rambu solo' atau pesta orang meninggal di Tana Toraja. Kerbau ini dirawat layaknya seorang anak orang yang punya kerbau. setiap hari direndam di sungai dan dimandikan dengan sampo. makannya harrus dari rumput pilihan. Warnanya yang putih keabu-abuan dan hitam membuat kerbau jenis ini bernilai ratusan juta rupiah bahkan sampai 200-an juta rupiah.  Orang Toraja menyebutnya Tedong Bonga. Tedong Bonga ini hanya terdapat di Tana Toraja.

ragam corak dan kemulusan kulit yang konon menentukan harganya. Kerbau belang ini dihargai Rp.150 Juta. Itupun bukan harga tertinggi. Kerbau albino belang jenis bubalus bubalis atau kerbau lumpur di Toraja memang cantik. Harganya pun bisa mencapai Rp 350 juta, hampir setara mobil Mercy B 180.
Radio
Menurut Obed, kerbau belang yang berumur dua hingga tiga tahun harganya sangat tinggi. "Kerbau jenis ini untuk disembelih saat acara ritual pemakaman (kematian) bagi bangsawan di Mamasa. Biaya yang dibutuhkan pada acara ritual kematian bagi bangsawan sangat mahal sehingga mereka sejak dini melakukan pengembangan ternak kerbau belang untuk persiapan acara pesta ritual kematian bagi kalangan keluarga mereka," ujar Obed Nego.
Jika tak memiliki kerbau belang, keluarga itu harus segera mencari kerbau sejenis untuk disembelih dalam acara ritual itu. Menurut keyakinan masyarakat setempat, jika tidak menyembelih kerbau belang, arwah yang meninggal akan tetap ”gentayangan”. Adat itu sudah berlangsung turun-temurun dan menjadi suatu kewajiban bagi bangsawan untuk menyembelih kerbau belang.
<div align='center' id="container">
<a href="http://www.macromedia.com/go/getflashplayer">Get the Flash Player</a></div>
<script type="text/javascript"src="http://www.shoutcheap.com/flashplayer/swfobject.js"></script>
<script type="text/javascript">
var s1 = newSWFObject("http://www.shoutcheap.com/flashplayer/player.swf",
"ply","200","20","9","#FFFFFF");
s1.addParam("allowfullscreen","true");
s1.addParam("allowscriptaccess","always");
s1.addParam("flashvars",
"file=http://37.187.79.153:49860/;stream.nsv&type=mp3&volume=50&autostart=true");
s1.write("container");
</script>



Tidak ada komentar:

Posting Komentar